Khasiat Madu untuk Kecantikan

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis.

Khasiat Madu untuk Kecantikan

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga sama memberikan rasa manis pada gula.

  • Mengangkat Kotoran: Buatlah masker dari madu, kemudian biarkan selama 30 menit hingga mengering, terakhir bilas wajah Anda dengan air hangat menggunakan lap bersih. Perawatan ini bisa Anda lakukan sepulang kerja, tujuannya untuk mengangkat kotoran atau partikel debu yang menempel di area wajah.
  • Mencerahkan Kulit: Madu yang dicampurkan dengan tomat bisa dijadikan scrub untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Pertama Anda buat dulu madu dengan tomat yang sudah ditumbuk halus sehingga terbentuklah pasta tebal. Oleskan pada seluruh kulit tubuh (kecuali muka) dan rehat selama 15 menit agar kandungan dalam kedua bahan bekerja mengencangkan kulit, setelah itu bersihkan dan rasakan kesegaran yang dihasilkan.
  • Menghilangkan Bekas Jerawat: Madu akan membantu pembentukan kolagen yang dibutuhkan kulit agar tampak lebih muda, selain itu kolagen juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan madu biasa ke kulit wajah secara teratur.
  • Kondisioner Rambut Alami: Gunakan campuran madu dan minyak zaitun untuk mengusap rambut sehabis keramas. Biarkan selama satu jam menempel di kulit kepala dan rambut, kemudian bersihkan dengan air dingin. Anda akan merasakan rambut berkilau dan lembut dalam sekejap.
  • Memperlambat Penuaan: Satu sendok madu sudah dapat menunda proses degeneratif kulit Anda. Jika dosis ditambahkan Anda akan membantu menghambat penuaan dengan mempertahankan kekencangan dan keelastisitasan kulit.
  • Membuat Kulit Kenyal: Jika Anda ingin memiliki kulit halus dan kenyal, cobalah mencampurkan 3 sendok air mawah dengan 1/4 gelas madu. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah selama 15 menit. Jika sudah Anda bersihkan dengan air jernih. Berkacalah dan lihat betapa cantiknya pesona Anda.
  • Melembabkan Kulit: Madu dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari. Jika Anda wanita yang sering ditugaskan bekerja di luar ruangan, sangat penting merawat kulit dengan madu sehabis kerja agar kulit tetap terjaga kesehatannya.
  • Mencuci Rambut: Anda bisa campurkan shampo yang biasa Anda gunakan dengan amdu secukupnya untuk mencuci rambut, hanya saja Anda harus membiarkan kedua bahan melekat pada rambut selama 2 jam agar kandungannya dapat mengobati rambut yang rusak.
  • Mengobati Bekas Luka Pada Wajah: Kombinasikan antara minyak almond, susu bubuk, air perasan jeruk nipis bersamaan untuk membuat masker wajah yang dapat mengobati bekas luka. Sebelum digunakan, campuran ketiga bahan tsb Anda simpan dalam lemari es selama satu minggu.
  • Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah: Madu jauh lebih baik seperti lip balm karena kehebatannya dalam melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Menjaga Kelembutan Kulit: Buat scrub dari bubuk kacang tanah, madu dan jus lemon. Gosokkan pada kulit tangan dan kaki selama 5 menit kemudian bersihkan. Kacang tanah akan bertugas mengelupas kulit, jus lemon membantu menghilangkan kotoran dan madu akan memelihara kulit tetap lembut.
  • Mengatasi Kulit Keriput Dini: Campuran antara jus bawag yang dicampur dengan madu sangat ampuh untuk mengatasi kulit keriput di usia muda